ANALISIS MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA RAUDLATUSSALAM KECAMATAN GLENMORE

Authors

  • Siti Nailu Rochmah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Triana Kartika Santi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Candra Hermawan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa berserta upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Biologi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa kuisioner, wawancara, lembar observasi dan dokumen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kuesioner terdiri dari 40 item dengan 8 indikator yaitu tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat, lebih senang bekerja mandiri, cepat bosan dengan tugas-tugas yang rutin, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepaskan hal yang diyakini dan senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang yang memiliki motivasi tinggi berjumlah 14%, sedangkan siswa yang memiliki motivasi sedang berjumlah 83%, untuk siswa yang memiliki motivasi rendah berjumah 3%. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi  belajar siswa SMA Raudlatussalam tergolong  sedang. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar ialah dengan memunculkan adanya kompetisi, pemberian angka, pujian, memberikan ulangan, mengetahui hasil pekerjaan, minat dan tujuan yang diakui.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Siti Nailu Rochmah, Triana Kartika Santi, & Candra Hermawan. (2023). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA RAUDLATUSSALAM KECAMATAN GLENMORE. Bio Educatia Journal, 3(2), 25–31. Retrieved from https://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/bioeducatiajournal/article/view/219