Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Rencana Pembelajaran: Studi Kasus
Integration of Character Values in Lesson Plan: A Case Study
DOI:
https://doi.org/10.62734/be.v5i1.402Keywords:
Integration of character values, Biology learning, teacher perspective, character educationAbstract
Perspektif guru tentang integrasi nilai-nilai karakter dalam perencanaan pembelajaran merupakan dimensi penting yang perlu dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perspektif guru biologi dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam perencanaan pembelajaran. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus kolektif, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur terhadap enam orang guru Biologi dari enam SMA berbeda di Kabupaten Banyuwangi. Analisis data dilakukan secara tematik untuk menggali pemahaman, strategi, tantangan, serta dampak integrasi nilai karakter dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan berbagai strategi, seperti menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat nilai-nilai karakter, pengamatan perilaku siswa dalam praktikum, pengaitan materi dengan kehidupan sehari-hari, diskusi kelompok, pembiasaan budaya positif di sekolah, serta keteladanan guru. Tantangan yang dihadapi meliputi kesulitan menyeimbangkan aspek kognitif dan karakter, dampak negatif media sosial, serta dominasi kurikulum pada pencapaian akademis. Meski demikian upaya integrasi nilai karakter terbukti efektif meningkatkan disiplin, kepedulian, kesopanan, kemampuan bekerja sama, motivasi belajar, dan prestasi akademik siswa. Integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Biologi tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga membentuk siswa menjadi pribadi yang berintegritas, bermoral, dan berdaya saing.
Downloads
Downloads
-
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract View: 0,
PDF (Bahasa Indonesia) Download: 0
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aulia Dwi Kusuma, Putri Febrianti, Destha Natalia Wulan Purwati, Candra Hermawan, Yiyin Abidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.