Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Rencana Pembelajaran: Studi Kasus

Integration of Character Values in Lesson Plan: A Case Study

Authors

  • Aulia Dwi Kusuma Kusuma Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Putri Febrianti Febrianti Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Destha Natalia Wulan Purwati Purwati Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Candra Hermawan Hermawan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Yiyin Abidah Abidah Sekolah Menengah Atas Negeri Giri

DOI:

https://doi.org/10.62734/be.v5i1.402

Keywords:

Integration of character values, Biology learning, teacher perspective, character education

Abstract

Perspektif guru tentang integrasi nilai-nilai karakter dalam perencanaan pembelajaran merupakan dimensi penting yang perlu dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perspektif guru biologi dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam perencanaan pembelajaran. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus kolektif, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur terhadap enam orang guru Biologi dari enam SMA berbeda di Kabupaten Banyuwangi. Analisis data dilakukan secara tematik untuk menggali pemahaman, strategi, tantangan, serta dampak integrasi nilai karakter dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan berbagai strategi, seperti menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat nilai-nilai karakter, pengamatan perilaku siswa dalam praktikum, pengaitan materi dengan kehidupan sehari-hari, diskusi kelompok, pembiasaan budaya positif di sekolah, serta keteladanan guru. Tantangan yang dihadapi meliputi kesulitan menyeimbangkan aspek kognitif dan karakter, dampak negatif media sosial, serta dominasi kurikulum pada pencapaian akademis. Meski demikian upaya integrasi nilai karakter terbukti efektif meningkatkan disiplin, kepedulian, kesopanan, kemampuan bekerja sama, motivasi belajar, dan prestasi akademik siswa. Integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Biologi tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga membentuk siswa menjadi pribadi yang berintegritas, bermoral, dan berdaya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Kusuma, A. D. K., Febrianti, P. F., Purwati, D. N. W. P., Hermawan, C. H., & Abidah, Y. A. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Rencana Pembelajaran: Studi Kasus: Integration of Character Values in Lesson Plan: A Case Study. Biologiei Educația, 5(1), 13–24. https://doi.org/10.62734/be.v5i1.402

Most read articles by the same author(s)