Perspektif Guru Tentang Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran

Teacher Perspectives on the Use of Technology in Learning

Authors

  • Erinda Salsa Billa Billa Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Nanda Elok Vibriana Vibriana Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Aprisilla Ayu Legita Legita Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Vero Novita Rahma Rahma Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Candra Hermawan Hermawan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Kholif Indri Astuti Astuti Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.62734/be.v5i1.400

Keywords:

Pembelajaran Biologi, Teknologi pendidikan, TPACK, Literasi digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali perspektif guru terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran Biologi di tingkat SMA. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Partisipan merupakan enam guru SMA dari enam sekolah yang berbeda di wilayah Banyuwangi. Partisipan dipilih melalui metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan beragam aplikasi dan platform seperti Zoom, Google Classroom, Kahoot, Quizizz, Canva, PowerPoint, serta ChatGPT, untuk meningkatkan efektivitas dan interaktivitas pembelajaran. Integrasi teknologi dipandang mampu memfasilitasi pembelajaran yang lebih fleksibel, menarik, dan partisipatif, khususnya selama masa pembelajaran daring akibat pandemi. Terdapat berbagai tantangan dalam implementasinya, antara lain keterbatasan infrastruktur (proyektor dan koneksi internet), kompetensi teknis guru dan siswa, serta kemungkinan distraksi siswa saat memanfaatkan perangkat digital. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya penguatan kompetensi guru dalam aspek Teknological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), penyediaan infrastruktur yang memadai, peningkatan literasi digital siswa, serta pengelolaan kelas berbasis teknologi yang efektif. Dengan pemenuhan prasyarat tersebut, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Billa, E. S. B., Vibriana, N. E. V., Legita, A. A. L., Rahma, V. N. R., Hermawan, C. H., & Astuti, K. I. A. (2025). Perspektif Guru Tentang Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran: Teacher Perspectives on the Use of Technology in Learning. Biologiei Educația, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.62734/be.v5i1.400

Most read articles by the same author(s)