Perspektif Guru tentang Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran: Studi Kasus
Teachers' Perspectives on the Implementation of Differentiated Learning in Learning: A Case Study
DOI:
https://doi.org/10.62734/be.v5i1.401Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, gaya belajar, inovasi pedagogis, kesiapan guruAbstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang holistik dengan memperhatikan minat, gaya belajar, serta profil afektif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perspektif guru biologi di tingkat SMA terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi, terutama dalam mengakomodasi perbedaan kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa. Pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam semi-terstruktur terhadap enam guru biologi di Kabupaten Banyuwangi digunakan untuk menggali pemahaman konsep, keyakinan, serta pengalaman praktis mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menyadari pentingnya pembelajaran berdiferensiasi sebagai upaya mengakomodasi keragaman siswa. Mereka melakukan identifikasi kebutuhan siswa melalui asesmen diagnostik, pre-test, observasi perilaku, serta analisis kecenderungan gaya belajar. Strategi yang digunakan antara lain pengelompokan heterogen, penyesuaian konten, proses, dan produk pembelajaran, serta pemanfaatan teknologi (misalnya Augmented Reality) dan pembelajaran berbasis masalah (PBL). Meskipun demikian tantangan dalam penerapan mencakup keterbatasan sumber daya, kesiapan infrastruktur, serta motivasi siswa yang beragam. Guru membutuhkan persiapan yang matang, kreativitas tinggi, dan dukungan institusional untuk mengoptimalkan diferensiasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman guru tentang konsep, kesiapan pedagogis, serta dukungan sumber daya sangat berpengaruh pada efektifitas pembelajaran berdiferensiasi. Pelatihan guru yang relevan, peningkatan infrastruktur, serta budaya profesional yang mendukung inovasi pedagogis diperlukan guna mewujudkan pendidikan yang lebih inklusif dan responsif terhadap keragaman siswa.
Downloads
Downloads
-
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract View: 0,
PDF (Bahasa Indonesia) Download: 0
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alifiyah Nur Faizah, Durotul Muniroh, Febiola Chintya Dewi, Candra Hermawan, Maisyaroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.