Perspektif Guru tentang Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran: Studi Kasus

Teachers' Perspectives on the Implementation of Differentiated Learning in Learning: A Case Study

Authors

  • Febiola Chintya Dewi Dewi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Alifiyah Nur Faizah Faizah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Durotul Muniroh Muniroh Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Candra Hermawan Hermawan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Maisyaroh Maisyaroh Madrasah Aliyah Al Imarah Wongsorejo

DOI:

https://doi.org/10.62734/be.v5i1.401

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, gaya belajar, inovasi pedagogis, kesiapan guru

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang holistik dengan memperhatikan minat, gaya belajar, serta profil afektif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perspektif guru biologi di tingkat SMA terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi, terutama dalam mengakomodasi perbedaan kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa. Pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam semi-terstruktur terhadap enam guru biologi di Kabupaten Banyuwangi digunakan untuk menggali pemahaman konsep, keyakinan, serta pengalaman praktis mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menyadari pentingnya pembelajaran berdiferensiasi sebagai upaya mengakomodasi keragaman siswa. Mereka melakukan identifikasi kebutuhan siswa melalui asesmen diagnostik, pre-test, observasi perilaku, serta analisis kecenderungan gaya belajar. Strategi yang digunakan antara lain pengelompokan heterogen, penyesuaian konten, proses, dan produk pembelajaran, serta pemanfaatan teknologi (misalnya Augmented Reality) dan pembelajaran berbasis masalah (PBL). Meskipun demikian tantangan dalam penerapan mencakup keterbatasan sumber daya, kesiapan infrastruktur, serta motivasi siswa yang beragam. Guru membutuhkan persiapan yang matang, kreativitas tinggi, dan dukungan institusional untuk mengoptimalkan diferensiasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman guru tentang konsep, kesiapan pedagogis, serta dukungan sumber daya sangat berpengaruh pada efektifitas pembelajaran berdiferensiasi. Pelatihan guru yang relevan, peningkatan infrastruktur, serta budaya profesional yang mendukung inovasi pedagogis diperlukan guna mewujudkan pendidikan yang lebih inklusif dan responsif terhadap keragaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Dewi, F. C. D., Faizah, A. N. F., Muniroh, D. M., Hermawan, C. H., & Maisyaroh, M. (2025). Perspektif Guru tentang Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran: Studi Kasus: Teachers’ Perspectives on the Implementation of Differentiated Learning in Learning: A Case Study. Biologiei Educația, 5(1). https://doi.org/10.62734/be.v5i1.401

Most read articles by the same author(s)