Perspektif Guru Tentang Rancangan Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa (Student Centered Learning)

Teacher Perspectives on Student Centered Learning Design

Authors

  • Aryandi Ramadani Ramadani Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Haura Fathin Rohmaniah Rohmaniah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Dwi Linda Syafitri Syafitri Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Candra Hermawan Hermawan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Ani Mustikawati Mustikawati Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.62734/be.v5i1.406

Keywords:

perspektif guru, student-centered learning, strategi pembelajaran

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perspektif guru biologi terhadap perencanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa di tingkat SMA/MA di Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan datadilakukan melalui wawancara semi-terstruktur terhadap enam guru biologi dari enam sekolahSMA/MA yang dipilih secara purposif. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi strategi dan tantangan guru dalam menerapkan pembelaajran yang berpusat pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru umumnya memahami konsep pembelajaran berpusat pada siswa dan berupaya menerapkannya melalui berbagai pendekatan aktif seperti praktikum, pembelajaran berbasis proyek, problem-based learning, serta metode kooperatif. Metode-metode tersebut dinilai mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Namun dalam implementasinya tidak lepas dari kendala dan tantangan. Guru menghadapi kesulitan dalam menjaga fokus siswa, mengelola dinamika kelompok, memanfaatkan waktu yang terbatas, serta memotivasi siswa yang terbiasa dengan pola belajar pasif.Penelitian ini juga menekankan pentingnya dukungan institusi, kolaborasi antarguru, serta pelatihan yang berkelanjutan untuk membantu guru mengatasi tantangan dalam merencanakan dan menerapkanpembelajaran yang berpusat pada siswa. Dengan demikian hasil penelitian ini menawarkan wawasan tentang bagaimana perspektif dan perencanaan guru menjadi kunci dalam membentuk pembelajaran yang lebih inklusif, bermakna, dan efektif bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-26

How to Cite

Ramadani, A. R., Rohmaniah, H. F. R., Syafitri, D. L. S., Hermawan, C. H., & Mustikawati, A. M. (2025). Perspektif Guru Tentang Rancangan Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa (Student Centered Learning): Teacher Perspectives on Student Centered Learning Design. Biologiei Educația, 5(1), 59–68. https://doi.org/10.62734/be.v5i1.406

Most read articles by the same author(s)