STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MA DARUL LATIEF AR ROSYID KABAT KABUPATEN BANYUWANGI

Authors

  • Ika Nur Rohmawati 3Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Triana Kartika Santi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Totok Hari Prasetiyo Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan menetapkan penguasaan, kesulitan belum mencapai tingkat ketuntasan yang telah diharapkan, dan kesulitan tingkat penguasaan bahan yang rendah. Terdapat juga faktor kesulitan belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari aspek fisiologis dan faktor psikologis. Faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, faktor masyarakat dan faktor sekolah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data nya yaitu menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, yaitu guru mengatasi kesulitan belajar siswa dengan cara menggunakan strategi pembelajaran ekspository dan strategi pembelajaran kooperatif. Strategi tersebut digunakan agar memudahkan siswa untuk memahami materi, mempermudah pada pembelajaran, dan siswa dibangkitkan motivasinya dan diharapkan agar berpengaruh pada hasil belajar yang tinggi dan dapat mencapai tingkat ketuntasan belajar. 

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Ika Nur Rohmawati, Triana Kartika Santi, & Totok Hari Prasetiyo. (2023). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MA DARUL LATIEF AR ROSYID KABAT KABUPATEN BANYUWANGI. Bio Educatia Journal, 3(2), 16–24. Retrieved from https://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/bioeducatiajournal/article/view/218