PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MAN 3 BANYUWANGI

Authors

  • Fanny Garcella Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Biologi
  • Totok Hari Prasetiyo Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Biologi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di MAN 3 Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 2 MAN 3 Banyuwangi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil belajar siswa yang diukur yaitu 3 ranah, meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Persentase hasil data yang diperoleh pada penelitian siklus I ranah kognitif siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebesar 73,68% dengan jumlah 28 siswa, ranah afektif siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebesar 68,42% dengan jumlah 26 siswa, dan ranah psikomotorik siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebesar 65,79% dengan jumlah 25 siswa. Sedangkan pada penelitian siklus II persentase hasil belajar siswa ranah kognitif 86,84% dengan jumlah 33 siswa, ranah afektif siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 78,95% dengan jumlah 30 siswa, dan persentase hasil belajar siswa ranah psikomotorik sebesar 81,58% dengan jumlah 31 siswa. Dengan demikian penelitian ini sudah mencapai target ketuntasan klasikal yaitu 75% dan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN 3 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Fanny Garcella, & Totok Hari Prasetiyo. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MAN 3 BANYUWANGI. Bio Educatia Journal, 3(2), 9–15. Retrieved from https://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/bioeducatiajournal/article/view/217