ANALISIS PEMBELAJARAN LURING DI ERA NEW NORMAL MELALUI MOTIVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS

Authors

  • Mochammad Soim Soim Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Mahfud Mahfud Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Sahru Romadloni Romadloni Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.62734/js.v3i2.263

Keywords:

Pembelajaran era new normal, motivasi siswa

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar di era new normal di sekolah MA Darul Latief Ar Rosyid Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi tentunya akan mengalami proses adaptasi sebagai langkah penyesuaian terhadap kondisi yang dialami. Tujuan peelitian ini untuk Analisis pembelajaran luring di era new normal melalui motivasi siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XII IPS semester genap MA Darul Latief Ar Rosyid Kabupaten Banyuwangi. Pendekatan penelitian ini  kualitatif deskriptif. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, mengunakan teknik analisis data interaktif menurut Miles dan Hibberman. Hasil penelitian proses pembelajaran luring dibatasi hanya 50 % siswa yang hadir dan menerapkan protokol kesehatan serta durasi pembelajaran dipersingkat. Pembelajaran berlangsung maksimal karena siswa dapat bertanya secara langsung kepada      guru apabila ada materi yang tidak dimengerti dan dapat berinteraksi secara langsung dengan teman teman dan guru. Siswa sangat termotivasi dalam pembelajaran terlihat sangat serius, tekun mengikuti setiap jam pelajaran dan mengerjakan tugas dengan baik.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Soim, M. S., Mahfud, M., & Romadloni, S. R. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN LURING DI ERA NEW NORMAL MELALUI MOTIVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS. Jurnal Sangkala, 3(2), 90–99. https://doi.org/10.62734/js.v3i2.263