ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MAN 3 BANYUWANGI

Authors

  • Agnes Tasya Tasya SMP PGRI 4 Bangorejo
  • Riztika Widyasari Widyasari Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • I Kadek Yudiana Yudiana Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.62734/js.v3i2.261

Keywords:

Kurikulum Merdeka,Pembelajaran sejarah

Abstract

Kurikulum merdeka adalah inisiatif pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk memberikan lebih banyak kebebasan kepada sekolah dalam merancang pembelajaran sesuai dengan karakter dan kebutuhan peserta didik. Dengan kurikulum  merdeka diharapkan dapat meningkatkan  hasil  motivasi  belajar  siswa  dan  prestasi  akademik.  Tujuan  penelitian  ini untuk  mengetahui  bagai mana  pemahaman  guru  tentang  kurikulum  merdeka,  bagai mana implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di MAN 3 Banyuwangi dan hambatannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu kualitataif deskriptif. dan teknik  pengumpulan  data yang  digunakan  yaitu  observasi,wawancara,  serta  dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesi mpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan pemahaman guru serta i mplementasi kurikulum merdeka sudah sesuai dengan ketentuan pada kurikulum merdeka dan untuk penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah hanya diterapkan pada kelas X dan pada kelas XI yang sudah diterapkan dari awal tahun 2022 dengan baik dan sesuai dengan kurikulum merdeka. Kurikulum dalam pembelajaran sejarah dibagi menjadi dua fase yaitu fase E untuk kelas X dan fase F untuk kelas XI dan pembelajaran sejarah tidak dibagi menjadi sejarah peminatan dan sejarah wajib. Pada kurikulum merdeka pembelajaran ini dirubah menjadi pembelajaran sejarah  saja  dan  dalam  penerapannya  kurikulum  merdeka  pada  MAN  3  Banyuwangi ini menggunakan program projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dan profil pelajar rahmatan lil’alamin (P2RA) yang di mana projek ini sudah dii mplementasikan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh kementrian agama. Hambatan yang dialami oleh  pihak  sekolah  maupun  peserta  didik  penyesuaian  pembelajaran  berbasis projek  dan pengembangan keterampilan peserta didik.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Tasya, A. T., Widyasari, R. W., & Yudiana, I. K. Y. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MAN 3 BANYUWANGI. Jurnal Sangkala, 3(2), 67–77. https://doi.org/10.62734/js.v3i2.261