STRATEGI PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE BANYUWANGI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA KANTOR DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN BANYUWANGI)
DOI:
https://doi.org/10.62734/kts.v2i2.565Keywords:
Promotion Strategy, Social Media, Tourist VisitsAbstract
Penurunan jumlah kunjungan wisatawan akibat dampak pandemi, yang memerlukan strategi promosi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi memanfaatkan media sosial untuk menarik wisatawan. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling untuk menentukan informan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi melalui media sosial, seperti Instagram dan Facebook, terbukti efektif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, dengan peningkatan signifikan pada tahun-tahun tertentu. Pembahasan mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial memungkinkan interaksi yang lebih baik antara pengelola destinasi dan calon wisatawan. Cerita menarik dan konten visual yang menarik menjadi kunci dalam menarik perhatian wisatawan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa strategi promosi melalui media sosial berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.
Downloads
Downloads
-
pdf
Abstract View: 5,
pdf Download: 1
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fikri Fikri, Sri Wilujeng, Safrieta Jatu Permatasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.