MENGUATKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA GENERASI MUDA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENANGKAL RADIKALISME DAN DEPANCASILAISASI

Authors

  • I Wayan Pardi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.62734/js.v4i2.597

Keywords:

Pancasila, Radikalisasi, Depancasilaisasi, Generasi Muda, Pendidikan, Media Sosial

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis urgensi penguatan nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda sebagai upaya untuk menangkal radikalisasi ideologi dan depancasilaisasi di Indonesia. Fenomena ini menjadi semakin relevan dengan meningkatnya simpati terhadap ideologi radikal di kalangan pelajar dan mahasiswa, serta munculnya gejala depancasilaisasi yang berpotensi melemahkan eksistensi Pancasila sebagai dasar negara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali solusi praktis yang dapat diterapkan dalam memperkuat ideologi Pancasila di kalangan generasi muda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, yang mengacu pada data-data empiris dari berbagai sumber jurnal dan buku akademik yang relevan. Penelitian ini juga menggunakan studi kasus untuk menggambarkan dampak radikalisasi dan depancasilaisasi, serta langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengatasi masalah ini melalui pendidikan, media sosial, dan penguatan nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat. Data yang diperoleh dianalisis untuk memberikan gambaran mengenai kondisi ideologis generasi muda serta upaya yang dapat dilakukan untuk membalikkan tren negatif tersebut. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai Pancasila sangat penting untuk mencegah penyebaran ideologi radikal di kalangan generasi muda. Radikalisasi dan depancasilaisasi dapat dicegah melalui pendekatan pendidikan yang lebih kontekstual dan humanis, serta melalui peran aktif media sosial dalam mengedukasi masyarakat tentang nilai-nilai kebangsaan. Selain itu, penting untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk keluarga dan komunitas digital, dalam memperkuat Pancasila sebagai living ideologi yang relevan dengan tantangan zaman. Melalui upaya ini, Pancasila dapat menjadi fondasi moral yang menyatukan keragaman Indonesia dan menjaga keutuhan negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azra, A. (2013). Islam Nusantara: Jaringan Global dan Lokal. Bandung: Mizan.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). (2021). Laporan Tahunan Deradikalisasi. Jakarta: BNPT.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). The SAGE Handbook of Qualitative Research (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum.

Kaelan. (2013). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Magnis-Suseno, F. (2010). Etika Politik: Prinsip-prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muttaqin, Z. (2020). "Radikalisme di Sekolah: Studi Terhadap Implementasi Pendidikan Pancasila di Sekolah Menengah Atas". Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 23–40.

Muttaqin, Z. (2020). "Radikalisme di Sekolah: Studi Terhadap Implementasi Pendidikan Pancasila di Sekolah Menengah Atas." Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 23–40.

Setiawan, R., & Ridwan, M. (2021). "Dekonstruksi Pemahaman Pancasila di Kalangan Mahasiswa: Studi Kasus di Kota Surabaya." Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 24(2), 134–150.

Soekarno. (1964). Di Bawah Bendera Revolusi. Jakarta: Panitia Penerbit DBR.

Suparlan, P. (2002). Sosiologi: Teori dan Metode. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahid, A. (2020). Membangun Kembali Indonesia Melalui Pancasila. Jakarta: Kompas.

Zarkasyi, M. (2014). "Radikalisasi Agama dan Implikasinya terhadap Ketahanan Nasional." Jurnal Kajian Sosial & Humaniora, 6(2), 112–125.

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Pardi, I. W. (2025). MENGUATKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA GENERASI MUDA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENANGKAL RADIKALISME DAN DEPANCASILAISASI. Jurnal Sangkala, 4(2), 81–89. https://doi.org/10.62734/js.v4i2.597