POTRET PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS BLENDED LEARNING (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS X SMAN DARUSSHOLAH SINGOJURUH)

Authors

  • Dewi Utami Pendidikan Sejarah, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • I Kadek Yudiana Pendidikan Sejarah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Mahfud Mahfud Pendidikan Sejarah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Keywords:

Pembelajaran blended learning, proses pembelajaran, hambatan pembelajaran.

Abstract

Pembelajaran Blended Learning merupakan pola pembelajaran baru untuk memperbaiki pendidikan. Pembelajaran blended learning ini diterapkan dalam pola pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang potret pembelajaran berbasis blended learning pada siswa kelas X di SMAN Darussohlah Singojuruh dilihat dari analisis proses pembelajarannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber Data dalam penelitian ini yaitu informan, dokumen, dan tempat penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan Observasi, Wawancara, dan Studi Dokumen. Teknik Uji Validitas Data penelitian ini yaitu triangulasi data, teori, metode, dan penelitian. Teknik Analisis Data penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk proses pembelajaran blended learning di SMAN Darussholah Singojuruh 2) mengetahui hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran blended learning di SMAN Darussholah Singojuruh. Hasil dari penelitian ini adalah 1) mengetahui proses pembelajaran blended learning di SMAN Darussholah Singojuruh 2) mengetahui hambatan dalam proses pembelajaran blended learning di SMAN Darussholah Singojuruh.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Dewi Utami, I Kadek Yudiana, & Mahfud, M. (2023). POTRET PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS BLENDED LEARNING (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS X SMAN DARUSSHOLAH SINGOJURUH). Jurnal Sangkala, 2(2), 60–69. Retrieved from https://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/jurnalsangkala/article/view/193