IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL OSING DI SDN 1 KEMIREN BANYUWANGI

Authors

  • Mahfud Mahfud Pendidikan Sejarah, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Totok Hari Prasetiyo Pendidikan Sejarah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal Osing

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk: 1) Untuk menganalisis perencanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di SDN 1 Kemiren, Glagah, Banyuwangi; 2) Untuk menganalisis                                                                                                                pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal d di SDN 1 Kemiren, Glagah, Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi beberapa tahapan, yaitu penentuan lokasi penelitian, metode penentuan informan, metode pengumpulan data, istrumen penelitian, metode pengujian keabsahan data, dan metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan Pendidikan karakter di SDN 1 Kemiren secara jelas dapat dilihat pada instrument pembelajaran yang digunakan oleh guru, meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). penyusunan RPP bertujuan merancang pengalaman belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tidak ada alur pikir (algoritma) yang spesifik untuk menyusun suatu RPP, karena rancangan tersebut seharusnya kaya akan inovasi sesuai dengan spesifikasi materi ajar dan lingkungan belajar siswa (sumber daya alam dan budaya lokal, kebu- tuhan masyarakat serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi).

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Mahfud, M., & Totok Hari Prasetiyo. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL OSING DI SDN 1 KEMIREN BANYUWANGI. Jurnal Sangkala, 1(2), 59–67. Retrieved from https://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/jurnalsangkala/article/view/189