PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BUYING INTEREST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN KRIPIK CIDAS 999 FOOD

Authors

  • Nadir Noviansyah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Dilla Cattleyana Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Rifka Arinda Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.62734/analisa.v11i2.127

Keywords:

Sosial Media, Brand Image, Keputusan pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian dengan buying interest sebagai variabel intervening pada konsumen kripik cidas 999 Food Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode non probability sampling, dengan penentuan sampel menggunakan purposive samping. Adapun jumlah sampel diambil sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh secara siginifikan terhadap buying interest dengan hasil nilai t hitung 3,110 > t tabel 1,98472 dengan signifikansi 0,02. Brand image berpengaruh signifikan terhadap buying interest dengan hasil nilai t hitung 7,844 > t tabel 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,000. Buying interest berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai t hitung 3,9433 > t tabel 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,000. Social media marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan buiyng interest sebagai variabel intervening dengan hasil nilai standardized corelation pengaruh tidak langsung langsung social media marketing terhadap keputusan pembelian melalui buying interst sebesar 0,1010 > standardized corelation pengaruh langsung social media marketing terhadap keputusan pembelian sebesar 0,030. Brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan buying interest sebagai variabel intervening dengan hasil nilai standardized corelation pengaruh tidak langsung brand Image terhadap keputusan pembelian melalui buying interest sebesar 0,1566 < standardized corelation pengaruh langsung brand image terhadap keputusan pembelian sebesar 0,433. Social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai t hitung 0,351 > t tabel 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,727. Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai t hitung 4,170 > t tabel 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,000

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. 2011. Brand Relevance: Making Competitors Irrelevant. San Fransisco: Jossey Bas.

Abzari, et al. 2014. “Analysing The Effect of Social Media on Brand Attitude and Purchase Intention: The Case of Iran Khodro Company”. Journal o Social and Behavioral Sciences, Vol. 143, No. 27, Hal: 822-826.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashari. 2012. “Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Wanita di Grup Blackberry Messenger terhadap Minat Beli Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Hasanudin”. Jurnal Fakultas Ilmu Komunikasi.

Atmoko, D.B. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

DeMers, J. 2014. Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engangement. Indiana: Wiley Publishing.

Dewi, R.N.T. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening”. e-Journal Adminstrasi Bisnis, Vol. 7. No. 4.

Febriyanti, R.S dan Aniek Wahyudi. 2016. “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Produk3 SecondClothing Store Sidoarjo”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5, No. 5, ISSN : 2461 0593.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Trans: Apllication of Multivariate Analysis using SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Gunelius, Susan. 2011. 30 Minute Social Media Marketing. Unites States: McGraw Hill.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Iman, M. 2020. Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. www.goodnewsfromindonesia.id. (diakses pada 3 Januari 2021).

Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kamilah, G dan Aniek Wahyudi. 2017. “Pengaruh Labelasi Halal dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Produk Wardah di Surabaya”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.Vol. 6, No. 2, e-ISSN: 2461-0593.

Kerpen, Dave. 2011. Likeable Social Media: How to delight Your Customer, Create an Irresistible Brand, and Be Generally Amazing on Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram, Printerest and more. New York: Mc Graw Hall Education.

Kotler, P dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

___________________________. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 & 2 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi ke 14. Jakarta: PT. Indeks.

____________________________. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi ke 12 Jilid I. Jakarta: Erlangga.

____________________________. 2013. Manajemen Pemasaran, Edisi ke 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

____________________________. 2016. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 & 2 Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip dkk. 2012. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua Edisi Pertama. Jakarta: Andy.

Kurniasari, M dan Agung Budiatmo. 2018. “Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.CO Donuts & Coffee Semarang”. Diponegoro Journal of Social and Politic. Hal 1-7 http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/.

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Morissan, A.M. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Putri, B.R.T. 2013. Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.

Putri, C.S. 2016. “Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli”. Jurnal Manajemen dan Start Up Bisnis, Vol. 1 No. 5.

Pramono dkk. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press.

Priyanto. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offiset.

Rahayu, S.K. 2013. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Roslina. 2010. “Citra Merek: Dimensi, Proses Pengembangan Serta Pengukurannya”. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 6 No. 3.

Saladin, D. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian, Edisi Ketiga. Bandung: CV Linda Karya.

Santoso, S. 2017. Statistik Multivariate. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Setiadi, N. 2013. Perilaku Konsumen, Edisis Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, I dan Yosanova Savitry. 2016. “New Content Marketing” Gaya Baru Pemasaran Era Digital. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Solis, Brian. 2010. Engage: The Complete Guide fo Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Succes in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Wikipedia. 2020. Pengertian Instagram. http://.id.wikipedia.org./wiki/instagram. (diakses pada 3 Januari 2021).

Xian, Gou Li. 2012. Corporate Product and User Image Diimensions and Purchase Intention. Journal of Computer, (6)9: 1875 1879.

Zarella, Dan. 2010. Social Media Marketing (Online). Canada: Oreilly.

Downloads

Published

2023-08-25 — Updated on 2025-05-06

Versions

How to Cite

Noviansyah, N., Cattleyana, D., & Arinda, R. (2025). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BUYING INTEREST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN KRIPIK CIDAS 999 FOOD. Analisa: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(2), 77–88. https://doi.org/10.62734/analisa.v11i2.127 (Original work published August 25, 2023)