Author Guideline

Analisa: Jurnal Manajemen dan Akuntansi merupakan jurnal peer review yang diterbitkan tiga kali setahun (April, Agustus dan Desember) oleh Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Tujuan Analisa adalah ikut serta dalam kemajuan penelitian dan pengembangan di bidang ekonomi dengan menerbitkan penelitian-penelitian berkualitas dan mengikuti tren masa kini.

Pedoman Umum Naskah

Pedoman umum teks naskah adalah sebagai berikut:

  1. Naskah adalah hasil penelitian otentik yang belum dipublikasikan pada media publikasi atau penerbit lain.
  2. Naskah yang diterima standar ditulis dalam bahasa Indonesia;
  3. Teks naskah dimaksudkan untuk ditulis sebagai templat artikel ini. Artikel ditulis pada kertas ukuran A4 (210x297 mm), dengan custom margin sebagai berikut: kiri 40 mm, kanan 30 mm, bawah 30 mm dan atas 30 mm, font tema Arial, ukuran font 12pt, dan spasi 1,5 lin.
  4. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word pada kertas A4, sekitar 3.000-5.000 kata termasuk gambar, tabel dan daftar pustaka.
  5. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Dewan redaksi akan langsung menolak teks yang terindikasi plagiarisme. Kami menggunakan perangkat lunak plagiarisme untuk memeriksa naskah Anda.
  6. Naskah terdiri dari lima judul utama: Pendahuluan; Metode; Hasil dan Pembahasan; Keimpulan dan Saran; Daftar Pustaka.
  7. Judul artikel harus sesingkat mungkin dan mewakili isi naskah;
  8. Nama penulis ditulis di bawah judul, diikuti afiliasi penulis dan alamat email;
  9. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak tidak lebih dari 200 kata, menulis narasi yang memuat maksud/tujuan, metode, dan temuan penelitian/penulisan;
  10. Kata Kunci: kata atau frasa yang penting, spesifik, atau mewakili artikel dan terdiri dari 3-6 kata;
  11. Naskah harus ditulis dengan template berikut;

Pedoman Penulisan Naskah

  • Judul naskah: Judul harus informatif dan ditulis secara singkat dan jelas. Tidak menimbulkan multitafsir. Harus tepat sasaran dengan permasalahan yang akan dibahas. Kata awal ditulis dengan huruf kapital dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak lazim. Gagasan pokok harus ditulis terlebih dahulu, baru kemudian penjelasannya. Judul artikel ditulis dalam dua puluh kata, font berukuran 12pt, dengan pilihan tebal dan format teks tengah.
  • Abstrak: Abstrak ditulis maksimal 200 kata dan diikuti dengan tiga sampai lima kata kunci dan disusun berdasarkan abjad. Abstrak harus memuat tujuan penelitian, metode, hasil, kesimpulan dan batasan (opsional). Abstrak ditulis dengan 1 spasi dan 11 font Times New Roman.
  • Pendahuluan: Pendahuluan harus memuat (secara berurutan) latar belakang umum dan tinjauan pustaka (state of the art) sebagai dasar pertanyaan penelitian baru, pernyataan artikel ilmiah baru, permasalahan utama penelitian, dan hipotesis. Pada bagian akhir pendahuluan, tujuan penulisan artikel harus dinyatakan. Mereka harus terwakili dalam tinjauan pustaka untuk menunjukkan artikel ilmiah yang baru.
  • Metode: Metode menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan, meliputi desain penelitian, pengumpulan data, instrumen penelitian dan metode analitik. Bagian ini harus diceritakan.
  • Hasil dan Pembahasan: Bagian ini berisi hasil penelitian dan cara pembahasannya. Hasil yang diperoleh dari penelitian harus didukung oleh data yang cukup. Hasil penelitian dan penemuan tersebut harus merupakan jawaban atau hipotesis penelitian atau pertanyaan penelitian yang telah dikemukakan sebelumnya pada bagian pendahuluan.
  • Kesimpulan : Merupakan bagian akhir yang berisi kesimpulan, keterbatasan dan rekomendasi. Kesimpulan merupakan jawaban hipotesis atau pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, dan penemuan penelitian. Simpulan tidak boleh hanya memuat pengulangan hasil dan pembahasan. Seharusnya merupakan ringkasan hasil penelitian seperti yang diharapkan penulis dalam tujuan penelitian atau hipotesis. Keterbatasan dan rekomendasi penelitian berisikan kekurangan-kekurangan dalam penelitian dan saran-saran yang berkaitan dengan gagasan penelitian selanjutnya.
  • Ucapan Terima Kasih: Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung penelitian (sponsor dan responden). Keluarga dan pengawas tidak diperbolehkan berada di bagian ini.
  • Referensi: Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus dicantumkan di bagian ini. Pada bagian ini, seluruh referensi yang digunakan harus diambil dari sumber primer (jurnal ilmiah dan paling sedikit 70% dari seluruh referensi) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Setiap artikel minimal memiliki sepuluh referensi dan mengutip artikel Jurnal Analisa: Jurnal Manajemen dan Akuntansi minimal 3 artikel

Pedoman Pengutipan dan Referensi

Semua data atau kutipan yang disajikan dalam artikel yang diambil dari artikel penulis lain harus melampirkan sumber referensi. Referensi sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, End Note, atau Zotero. Format penulisan yang digunakan dalam Jurnal Analisa (Jurnal Manajemen dan Akuntansi) mengikuti format yang diterapkan oleh APA 6th Edition (American Psychological Association).