GAYA KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN KERJASAMA TIM SEBAGAI FAKTOR PEMICU KEPUASAN KARYAWAN (STUDI PADA BANK BTPN KCP BANYUWANGI)

Authors

  • Dwi Sabbilah Yassaroh Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Rahayuningsih Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Ni Made Nadia Sutha Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Kerjasama Tim, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat kepuasan kerja Bank BTPN yang dilihat dari gaya kepemimpinan, kompensasi yang diterima dan kerjasama TIM. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada uji hipotesis untuk variabel gaya kepemimpinan (X1) didapatkan hasil thitung > ttabel    diperoleh thitung = 3,631 dan ttabel = 2,048 Dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan (X1) secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan (Y). Berdasarkan pada uji hipotesis untuk variabel kompensasi (X2) didapatkan hasil thitung > ttabel diperoleh thitung = 3,666 dan ttabel = 2,048. Dapat disimpulkan bahwa gaya kompensasi (X2) secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan (Y). Berdasarkan pada uji hipotesis untuk variabel kerjasama tim (X3) didapatkan hasil thitung > ttabel diperoleh thitung = 3,232 dan ttabel = 2,048. Dapat disimpulkan bahwa kerjasama tim (X3) secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan (Y). Berdasarkan pada uji hipotesis F dapat diperoleh nilai variabel gaya kepemimpinan (X1), kompensasi (X2) dan kerjasama tim (X3) didapatkan hasil fhitung > ftabel diperoleh fhitung = 29,228 dan ftabel = 2,95. Dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan (X1) kompensasi (X2) dan kerjasama tim (X3) secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan (Y). Berdasarkan nilai Adjusted R2 menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan, kompensasi, dan kerjasama tim mampu mempengaruhi variabel kepuasan kerja karyawan sebesar 73,2%. Dan sisanya 26,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Variabel diluar model tersebut yaitu penempatan kerja yang tepat dan sesuai dengan keahlian, suasana.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Sabbilah Yassaroh, D., Rahayuningsih, & Nadia Sutha, N. M. (2023). GAYA KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN KERJASAMA TIM SEBAGAI FAKTOR PEMICU KEPUASAN KARYAWAN (STUDI PADA BANK BTPN KCP BANYUWANGI). Analisa: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 10–18. Retrieved from https://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/EkonomiAnalisa/article/view/107