ANALISIS PENGARUH CITY BRANDING, VIRAL MARKETING DAN EWM TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE BANYUWANGI
Keywords:
City Branding, Viral Marketing, Keputusan BerkunjungAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan saat berkunjung ke Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan melihat faktor city branding, viral marketing dan electronic word of mouth yang dihubungkan dengan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil keputusan statistik, F hitung > F tabel dengan nilai 47,698 > 2,662. Maka H0 ditolak, artinya city branding (X1), viral marketing (X2), dan electronic word of mouth (X3) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung (Y) wisatawan ke Banyuwangi. Dari uji hipotesis dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 4,679 > 1,975. Maka H0 ditolak yang artinya variabel City Branding (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) wisatawan ke Banyuwangi. Dari uji hipotesis dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 2,657 > 1,975. Maka H0 ditolak yang artinya variabel Viral Marketing (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) wisatawan ke Banyuwangi. Dari uji hipotesis dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 5,188 > 1,975. Maka H0 ditolak yang artinya variabel Electronic Word Of Mouth (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) wisatawan ke Banyuwangi