ANALISIS PENGARUH CITY BRANDING, VIRAL MARKETING DAN EWM TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE BANYUWANGI

Authors

  • Moh Sholeh Dwi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Rio Sudirman
  • Sofia Asyriana

Keywords:

City Branding, Viral Marketing, Keputusan Berkunjung

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan saat berkunjung ke Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan melihat faktor city branding, viral marketing dan electronic word of mouth yang dihubungkan dengan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil keputusan statistik, F hitung > F tabel dengan nilai 47,698 > 2,662. Maka H0 ditolak, artinya city branding (X1), viral marketing (X2), dan electronic word of mouth (X3) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung (Y) wisatawan ke Banyuwangi. Dari uji hipotesis dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 4,679 > 1,975. Maka H0 ditolak yang artinya variabel City Branding (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) wisatawan ke Banyuwangi. Dari uji hipotesis dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 2,657 > 1,975. Maka H0 ditolak yang artinya variabel Viral Marketing (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) wisatawan ke Banyuwangi. Dari uji hipotesis dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 5,188 > 1,975. Maka H0 ditolak yang artinya variabel Electronic Word Of Mouth (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung (Y) wisatawan ke Banyuwangi

Published

2023-04-30

How to Cite

Sholeh Dwi, M., Sudirman, R., & Asyriana, S. (2023). ANALISIS PENGARUH CITY BRANDING, VIRAL MARKETING DAN EWM TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE BANYUWANGI. Analisa: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 45–55. Retrieved from http://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/EkonomiAnalisa/article/view/111