ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MAN 3 BANYUWANGI
DOI:
https://doi.org/10.62734/js.v3i2.261Keywords:
Kurikulum Merdeka,Pembelajaran sejarahAbstract
Kurikulum merdeka adalah inisiatif pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk memberikan lebih banyak kebebasan kepada sekolah dalam merancang pembelajaran sesuai dengan karakter dan kebutuhan peserta didik. Dengan kurikulum merdeka diharapkan dapat meningkatkan hasil motivasi belajar siswa dan prestasi akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagai mana pemahaman guru tentang kurikulum merdeka, bagai mana implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di MAN 3 Banyuwangi dan hambatannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu kualitataif deskriptif. dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara, serta dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesi mpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan pemahaman guru serta i mplementasi kurikulum merdeka sudah sesuai dengan ketentuan pada kurikulum merdeka dan untuk penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah hanya diterapkan pada kelas X dan pada kelas XI yang sudah diterapkan dari awal tahun 2022 dengan baik dan sesuai dengan kurikulum merdeka. Kurikulum dalam pembelajaran sejarah dibagi menjadi dua fase yaitu fase E untuk kelas X dan fase F untuk kelas XI dan pembelajaran sejarah tidak dibagi menjadi sejarah peminatan dan sejarah wajib. Pada kurikulum merdeka pembelajaran ini dirubah menjadi pembelajaran sejarah saja dan dalam penerapannya kurikulum merdeka pada MAN 3 Banyuwangi ini menggunakan program projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dan profil pelajar rahmatan lil’alamin (P2RA) yang di mana projek ini sudah dii mplementasikan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh kementrian agama. Hambatan yang dialami oleh pihak sekolah maupun peserta didik penyesuaian pembelajaran berbasis projek dan pengembangan keterampilan peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agnes Tasya Tasya, Riztika Widyasari Widyasari, I Kadek Yudiana Yudiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.