DAMPAK PSIKOLOGIS PENERAPAN LIMA HARI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 BANYUWANGI

Authors

  • Mahfud Mahfud Pendidikan Sejarah, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Adita Taufik Widianto Pendidikan Sejarah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Keywords:

Problematika, Program Sekolah 5 Hari (PS5H), SMA

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis penerapan Program Sekolah 5 Hari (PS5H) di SMA Negeri 1 Glagah dan SMA Negeri 1 Giri. 2) menganalisis problematika yang ditimbulkan dari penerapan Program Sekolah 5 Hari (PS5H) di SMA Negeri 1 Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tahapan meliputi penentuan lokasi penelitian, metode penentuan informan, metode pengumpulan data, istrumen penelitian, Teknik pengujian keabsahan data, dan metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) SMA Negeri 1 Banyuwangii merupakan sekolah pilot project penerapan Program Sekolah 5 Hari (PS5H) di Kabupaten Banyuwangi; 2) Faktor pendukung dan pengahambat dari pelaksanaan Program Sekolah 5 Hari (PS5H) di SMA Negeri 1 Banyuwangi adalah sarana dan prasana yang belum memadai untuk memenuhi kebutuhan peserta didik; 3) Manajemen sekolah masih memerlukan evaluasi berkelanjutkan agar program pemerintah tersebut tidak mengorbankan proses pembelajaran peserta didik akibat belum kesiapan sumber daya manusia.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Mahfud, M., & Adita Taufik Widianto. (2022). DAMPAK PSIKOLOGIS PENERAPAN LIMA HARI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 BANYUWANGI. Jurnal Sangkala, 1(2), 99–106. Retrieved from http://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/jurnalsangkala/article/view/192