PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BUYING INTEREST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN KRIPIK CIDAS 999 FOOD

Authors

  • Nadir Noviansyah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Dilla Cattleyana Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Rifka Arinda Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Keywords:

Sosmed marketing, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian dengan buying interest sebagai variabel intervening pada konsumen kripik cidas 999 Food Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode non probability sampling, dengan penentuan sampel menggunakan purposive samping. Adapun jumlah sampel diambil sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh secara siginifikan terhadap buying interest dengan hasil nilai t hitung 3,110 > t tabel 1,98472 dengan signifikansi 0,02. Brand image berpengaruh signifikan terhadap buying interest dengan hasil nilai t hitung 7,844 > t tabel 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,000. Buying interest berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai t hitung 3,9433 > t tabel 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,000. Social media marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan buiyng interest sebagai variabel intervening dengan hasil nilai standardized corelation pengaruh tidak langsung langsung social media marketing terhadap keputusan pembelian melalui buying interst sebesar 0,1010 > standardized corelation pengaruh langsung social media marketing terhadap keputusan pembelian sebesar 0,030. Brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan buying interest sebagai variabel intervening dengan hasil nilai standardized corelation pengaruh tidak langsung brand Image terhadap keputusan pembelian melalui buying interest sebesar 0,1566 < standardized corelation pengaruh langsung brand image terhadap keputusan pembelian sebesar 0,433. Social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai t hitung 0,351 > t tabel 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,727. Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai t hitung 4,170 > t tabel 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,000

Published

2023-08-25

How to Cite

Noviansyah, N., Cattleyana, D., & Arinda, R. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BUYING INTEREST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN KRIPIK CIDAS 999 FOOD. Analisa: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(2), 77–88. Retrieved from http://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/EkonomiAnalisa/article/view/127