Perbandingan Kebijakan Pendidikan Indonesia Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan

Authors

  • Siti Aisyah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Mahfud Mahfud Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.62734/jurnalpuspaka.v1i3.435

Keywords:

pendidikan Indonesia, perbandingan kebijakan, kemerdekaan

Abstract

Semua lapisan masyarakat mendapatkan manfaat dari pendidikan. Indikator lain dari kemajuan suatu bangsa adalah tingkat pendidikannya. Sebelum dan sesudah kemerdekaan, kebijakan pendidikan di Indonesia sangat berbeda. Selain itu, ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari sejarah pendidikan Indonesia. Meskipun pada awalnya sulit untuk didapatkan oleh masyarakat Indonesia, pendidikan di Indonesia saat ini sangat efektif dan mudah didapatkan. Selain itu, hal ini membuat warga negara lebih mudah menggunakan pendidikan untuk mendukung tujuan negara. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah literature review atau kajian pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen. Pencarian literatur dengan mengambil berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, artikel, buku, dan laporan riset yang berkaitan dengan topik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan kebijakan – kebijakan yang ada pada Pendidikan Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisy, S. R., & Hudaidah, H. (2021). Pendidikan Indonesia Di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 569–577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.327

Aiwan, A., & Rehani. (2022). Kebijakan Pendidikan Islam Di Nusantara Sebelum Kemerdekaan: Kasus Kebijakan Politik Kolonial Jepang Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).

Azizah, M., Zulmuqim, & Zalnur, M. (2023). Islamic Education in The Archipelago Before Independence Case Study: Dutch Colonial Political Policy Towards Islamic Education In Indonesia. Indonesian Journal of Islamic Education, 1(2), 65–72.

Bakry, A. (2010). Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Jurnal MEDTEK, 2(1).

Dangu, A. S., Sumarjiana, I. K. L., & Anto, R. (2022). SEJARAH PENDIDIKAN INDONESIA AWAL KEMERDEKAAN TAHUN 1945 - 1950. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 4717–4718.

Fadli, M. R., & Kumalasari, D. (2019). Sistem Pendidikan Indonesia Pada Masa Orde Lama (Periode 1945-1966). Jurnal Agastya, 9(2).

Irhamsyah, T. (2023). KEBIJAKAN UMUM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR. Jurnal Hukum, Ekonomi dan Pendidikan Islam, 6(2). https://ejurnal.staipancabudi.ac.id/index.php/tabayyun/

Maskuri. (2017). KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEBAGAI KEBIJAKAN PUBLIK DALAM SISTEM POLITIK DI INDONESIA. JPII, 2(1).

Nurbaity. (2018). Pendidikan Indonesia Masa Kolonial Belanda dan Pemerintahan Pendudukan Jepang. Jurnal Agama dan Budaya, 16(1).

Prasetyo, H., & Destiyanti, A. Z. (2023). ANALISIS HISTORIS PENDIDIKAN ISLAM SEJAK KEMERDEKAAN, ORDE BARU, ERA REFORMASI HINGGA SEKARANG (ZONASI & FULL DAY SCHOOL). Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 3(1), 17–25.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6). http://repo.iain-

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR - UNSUR PENDIDIKAN. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Rahmawati, U., & Khoiri, Q. (2023). Kebijakan Pendidikan Islam Sebagai Kebijakan Publik. Journal on Education, 05(02), 4816–4825.

Rusdi, M. (2007). PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA SEBELUM PROKLAMASI KEMERDEKAAN. lentera pendidikan, 2.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). CV Alfabeta.

Wahyuni, F. (2015). KURIKULUM DARI MASA KE MASA (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan di Indonesia). Al-Adabiya, 10(2).Nomor 4 Tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Aisyah, S., & Mahfud, M. (2025). Perbandingan Kebijakan Pendidikan Indonesia Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan. Jurnal Pusat Studi Pancasila Dan Kebijakan, 1(3), 132–144. https://doi.org/10.62734/jurnalpuspaka.v1i3.435