Fenomena Maraknya Kembali Menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza
Keywords:
Lagu Kebangsaan, Indonesia Raya, Tiga Stanza, NasionalismeAbstract
Penelitian ini menganalisis fenomena maraknya kembali menyanyikan lagu Indonesia Raya versi tiga stanza di masa kini, yang menggambarkan upaya revitalisasi nilai-nilai kebangsaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk mengeksplorasi tiga aspek utama: sejarah dan makna lagu Indonesia Raya tiga stanza, proses transisi dari tiga stanza menjadi satu stanza, serta alasan di balik munculnya kembali fenomena tiga stanza. Data diperoleh melalui kajian dokumen sejarah, biografi Wage Rudolf Supratman, publikasi akademik, artikel berita, dan informasi media terkait respons masyarakat terhadap fenomena ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transisi ke satu stanza dipengaruhi oleh faktor kebijakan, efisiensi waktu, dan dinamika sosial-politik, sementara kebangkitan versi tiga stanza saat ini didorong oleh peran pemerintah, media sosial, dan kebutuhan memperkuat nasionalisme. Penelitian ini memberikan pandangan mendalam mengenai makna simbol kebangsaan dalam konteks historis dan modern.
References
Abdullah, A. (2007). Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Sepanjang Sejarah (Suatu Tinjauan Kritis Filosofis). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(66), 340–361. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.354
Adelia, D. S., Damanik, D. A., Khoirunnisa, K., Nurhidayah, N., Bara, N. F. B. B., & Lbs, W. H. (2024). Ruang Lingkup Identitas Nasional. AMI: JURNAL PENDIDIKAN DAN RISET, 1(2), 64–72.
Admin Rumah Kebangsaan. (2022). Diklat Pancasila Bagi Generasi Muda, BPIP Kumandangkan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Https://Www.Rumahkebangsaan.Com. https://www.rumahkebangsaan.com/berita/read/21/diklat-pancasila-bagi-generasi-muda-bpip-kumandangkan-lagu-indonesia-raya-3-stanza.html
Alwi, S. (2023). Educational Psychology: Patriotism and Educative Internalization Through the National Anthem. Mimbar Ilmu, 28(2), 339–349. https://doi.org/10.23887/mi.v28i2.59074
Aziz, Y. (2011). Penguatan Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.12962/j24433527.v4i2.630
Farisi, S., Sami’an, S., Assa’adah, S., Aulia, A., Dwirainaningsih, Y., & Arob, I. (2023). Implementasi Wawasan Kebangsaan Terhadap Pelajar Untuk Meningkatkan Kepatuhan Peraturan Sekolah. Aladalah, 1(1), 213–226. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.204
Fina, F. nur syarifah, Hilda Dwi Cahyani, Intan Nisrina Kamilah, & Santoso, G. (2022). Pengenalan Lagu Daerah dan Lagu Nasional Republik Indonesia Untuk Calon Guru Sekolah Dasar Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3 SE-Articles), 44–61. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i3.492
Gandeswari, T. L. (2022). Resepsi Siswa Sekolah Dasar Terhadap Syair Lagu Indonesia Raya 3 Stanza: Studi Kasus Di SD Negeri Bumi I Surakarta Tahun 2021/2022. Didaktika Dwija Indria, 10(1). https://doi.org/10.20961/ddi.v10i1.63950
Haritsah, H., Rohmah, S. N., & Rahim, A. (2024). PERAN MA’HAD AL-ZAYTUN DALAM IMPLEMENTASI LAGU INDONESIA RAYA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 DAN MAQASHID SYARIAH. Causa: Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 7(4), 91–100.
Hastangka, H., & Prasetyo, D. (2023). Analisis Pedagogi Kritis Dan Asas Kepastian Hukum Atas Surat Edaran Gubernur DIY Nomor 29/Se/v/2021 Tentang Memperdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Ganaya Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2), 298–311. https://doi.org/10.37329/ganaya.v6i2.2367
Inayah, A. N. (2022). Strategi Pembelajaran Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Abad 21. Estoria Journal of Social Science and Humanities, 3(1), 348–365. https://doi.org/10.30998/je.v3i1.1013
Kurniawan, M. W. (2021). Basic Concepts of Internalizing National Insights in SMAN 9 Malang City. Jed (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 317–328. https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5633
Kusuma, K. C. D., Hermanto, K. L. P. M. D. I. D., ST, M. M., MT, I. P. M., Rudiawan, L. T. N. I. P. D. I. B., Amiruddin, M., Sos, S., Sumarna, M. C., SE, M. A., & Bhakti, D. C. (2024). Manajemen Bela Negara: Konsep dan Tata Kelola Bela Negara Menuju Indonesia Emas. Indonesia Emas Group.
Loho, D. B. (2018). Analisis Hermeneutika Atas Lirik Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza Sebagai Peneguhan Cinta Tanah Air. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 3(2), 92–103.
Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 79. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495
Printina, B. I. (2017). Strategi Pembelajaran Sejarah Berbasis Lagu-lagu Perjuangan dalam Konteks Kesadaran Nasionalisme. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 7(01).
Purwasih, C., & Khairani, K. (2020). ANALISIS HUKUM TENTANG PENGUBAHAN ARANSEMEN LAGU INDONESIA RAYA BERDASARKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Keperdataan, 4(1), 69–76.
Putra, F. P., Fajriudin, F., & Permana, A. (2020). Perkembangan Lagu Indonesia Raya (Tahun 1928-2009). Historia Madania Jurnal Ilmu Sejarah, 4(2), 269–286. https://doi.org/10.15575/hm.v4i2.9525
Rapita, D. D., Ambarwati, M. T., & Yuniastuti, Y. (2021). Habituasi Menyanyikan Lagu Kebangsaan Pra Pembelajaran Sebagai Upaya Pembinaan Karakter Nasionalisme. Maharsi, 3(1), 28–41. https://doi.org/10.33503/maharsi.v3i1.1323
Ratri, E. P., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi Pancasila Dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda Di Era Globalisasi. Jurnal Global Citizen Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 25–33. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7455
Riyanti, D., Irfani, S., & Prasetyo, D. (2021). Pendidikan Berbasis Budaya Nasional Warisan Ki Hajar Dewantara. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 345–354. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1833
Romadloni, S. (2021). Internalisasi Identitas Bangsa Indonesia melalui Pemikiran Para Tokoh Nasional Berbasis Aplikasi Digital (pp. 217–227). Untag Surabaya. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/semnasuntag/article/view/1671
Romadloni, S., Jamil, R. N., Wicaksono, D. B., Yudiana, I. K., Pahlevi, N., & Ishadi, R. D. M. (2022). Kajian Pemikiran Kebangsaan Indonesia (KPKI). Untag BPrees.
Saddhono, K., Setiawan, B., Rohmadi, M., Rakhmawati, A., Suhita, R., & Hastuti, S. (2022). Penguatan Wawasan Kebangsaan sebagai Upaya Mencegah Radikalisasi dan Menumbuhkan Cinta Tanah Air untuk Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Magelang. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 111–122. https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.512
Simbolon, R. H. (2022). Implementasi Karakter Semangat Kebangsaan Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Raya. Lentera, 2(2), 45–49. https://doi.org/10.56393/lentera.v2i2.977
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). CV Alfabeta.
Surjowati, R. (2021). Exploring Interpersonal Meanings on the Discourse of the Indonesian National Anthem From the CDA Perspectives. Studies in English Language and Education, 8(1), 360–380. https://doi.org/10.24815/siele.v8i1.17439
Taufiq, F. (2023). Penerapan Pendidikan Bela Negara Di Kalangan Mahasiswa. Comserva Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 319–327. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i1.757
Zahra, S. A., Aulia, A. N., & Santoso, G. (2023). Efek Pengaruh Sumpah Pemuda Terhadap Generasi Z Dalam Kegiatan Kemanusiaan. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 202–2013.