Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Muhammadiyah Merauke Papua

Authors

  • Rival Hanip Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Musamus
  • Andhika Wahyudiono Prodi Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Rudolfus Ruma Bay Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.62734/ipm.v2i1.643

Keywords:

Transformasi Pembelajaran, Pemberdayaan Guru, Teknologi Edukasi

Abstract

Permasalahan utama dalam pendidikan di Papua terletak pada rendahnya kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran. Sebagian besar guru belum memperoleh pelatihan yang memadai dalam membuat media digital, termasuk video pembelajaran. Materi ajar yang disampaikan cenderung bersifat abstrak dan kurang menarik bagi siswa. Keterbatasan sumber belajar membuat proses pembelajaran menjadi monoton dan tidak efektif. Minimnya akses terhadap teknologi memperparah ketimpangan kualitas pendidikan di daerah ini. Pelatihan pembuatan video interaktif menjadi alternatif solutif yang sesuai dengan kebutuhan kontekstual wilayah. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan guru agar mampu membuat video pembelajaran yang efektif dan kontekstual. Peningkatan keterampilan teknologi diharapkan mendorong perubahan dalam metode mengajar yang lebih menarik dan partisipatif. Program ini juga menargetkan peningkatan motivasi belajar siswa melalui visualisasi materi yang lebih konkret. Keterlibatan guru dalam produksi konten dapat memperkuat pemahaman materi dan menumbuhkan rasa kepemilikan. Pendekatan ini bertujuan menciptakan transformasi pembelajaran yang berkelanjutan. Perubahan strategi mengajar menjadi indikator keberhasilan jangka pendek dari program ini. Metode pelaksanaan menggabungkan pelatihan langsung, praktik, dan diskusi kolaboratif. Kegiatan dilaksanakan secara bertahap agar peserta memahami seluruh tahapan produksi video. Evaluasi dilakukan untuk mengukur perkembangan keterampilan secara berkala. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru menggunakan media digital. Respon peserta menunjukkan peningkatan motivasi dan antusiasme dalam mengajar. Rekomendasi mencakup penguatan dukungan lembaga dan pembentukan komunitas guru sebagai tindak lanjut program pengabdian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aseery, A. (2024). Enhancing learners’ motivation and engagement in religious education classes at elementary levels. British Journal of Religious Education, 46(1), 43–58. doi:10.1080/01416200.2023.2256487

Barros, A., Bristow, A., Contu, A., Wanderley, S., & Prasad, A. (2024). Politicizing and humanizing management learning and education with Paulo Freire. Management Learning, 55(1), 3–16. doi:10.1177/13505076231221792

Cam, O., & Ballantine, J. (2023). Rethinking accounting assessment in a COVID-19 world: application of a dialogical approach. Accounting Education, 32(5), 578–595. doi:10.1080/09639284.2023.2201274

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. doi:10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Diouf, B., & Miezan, E. (2024). Unlocking the technology potential for universal access to clean energy in developing countries. Energies, 17(6), 1488. doi:10.3390/en17061488

Gijsen, M., Catrysse, L., De Maeyer, S., & Gijbels, D. (2024). Mapping cognitive processes in video-based learning by combining trace and think-aloud data. Learning and Instruction, 90(101851), 101851. doi:10.1016/j.learninstruc.2023.101851

Jacob, T., & Centofanti, S. (2023). Effectiveness of H5P in improving student learning outcomes in an online tertiary education setting. Journal of Computing in Higher Education, 36(2), 1–17. doi:10.1007/s12528-023-09361-6

Lacey, M. M., Francis, N. J., & Smith, D. P. (2024). Redefining online biology education: a study on interactive branched video utilisation and student learning experiences. FEBS Open Bio, 14(2), 230–240. doi:10.1002/2211-5463.13767

Mou, T.-Y. (2023). Science learning with designed animation: Investigation of primary school children’s attitudes toward science learning, animation integration, and understanding level. International Journal of Educational Research Open, 4(100246), 100246. doi:10.1016/j.ijedro.2023.100246

Mudaheranwa, E., Ntagwirumugara, E., Masengo, G., & Cipcigan, L. (2023). Microgrid design for disadvantaged people living in remote areas as tool in speeding up electricity access in Rwanda. Energy Strategy Reviews, 46(101054), 101054. doi:10.1016/j.esr.2023.101054

Mustadi, A., Wibowo, S. E., & Prehadini, T. (2024). Analysis of the need for interactive multimedia development for second language learning in primary schools. Journal of Ecohumanism, 3(7). doi:10.62754/joe.v3i7.4580

Phan, C., Filomeni, S., & Kok, S. K. (2024). The impact of technology on access to credit: A review of loan approval and terms in rural Vietnam and Thailand. Research in International Business and Finance, 72(102504), 102504. doi:10.1016/j.ribaf.2024.102504

Pitidis, V., Coaffee, J., & Lima-Silva, F. (2024). Advancing equitable ‘resilience imaginaries’ in the Global South through dialogical participatory mapping: Experiences from informal communities in Brazil. Cities (London, England), 150(105015), 105015. doi:10.1016/j.cities.2024.105015

Richardson, L. D. (2023). The effects of interactive mini-lessons on students’ educational experience. Research in Learning Technology, 31. doi:10.25304/rlt.v31.2900

Shen, L., Zhang, Y., Zhang, H., & Wang, Y. (2024). Data Player: Automatic generation of data videos with narration-animation interplay. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, 30(1), 109–119. doi:10.1109/TVCG.2023.3327197

Sherif, Y. A., Adam, M. A., Imana, A., Erdene, S., & Davis, R. W. (2023). Remote robotic surgery and virtual education platforms: How advanced surgical technologies can increase access to surgical care in resource-limited settings. Seminars in Plastic Surgery, 37(3), 217–222. doi:10.1055/s-0043-1771301

Utaminingsih, S., Machfud, Santosa, & G.K. Kassymova. (2024). Development of learning management with animated video to increase motivation and learning outcomes. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 41(2), 31–42. doi:10.37934/araset.41.2.3142

Wang, Y., Shen, L., You, Z., Shu, X., Lee, B., Thompson, J., … Zhang, D. (2023). WonderFlow: Narration-centric design of animated data videos. doi:10.48550/ARXIV.2308.04040

Werang, B. R. (2023). School principal leadership, teachers’ commitment and morale in remote elementary schools of Indonesia. Multidisciplinary Journal of Educational Research, 13(3), 325–347. doi:10.17583/remie.9546

Xu, W., & Stahl, G. (2024). ‘Your skin is like crocodile’s’: a case study of an African wài guó student in China. Globalisation Societies and Education, 22(1), 90–101. doi:10.1080/14767724.2023.2193317

Downloads

Published

2025-06-30