Pemberdayaan Komunitas Ojek Pangkalan untuk Meningkatkan Kepatuhan Hukum dan Sistem Tabungan Kolektif
DOI:
https://doi.org/10.62734/ipm.v2i1.638Keywords:
Ojek pangkalan, pemberdayaan komunitas, tabungan kolektif, kepatuhan hukum, keselamatan berkendaraAbstract
Program pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan komunitas ojek pangkalan melalui pendekatan partisipatif, meningkatkan kepatuhan hukum, serta membangun sistem tabungan kolektif untuk memenuhi kebutuhan administratif seperti SIM dan perlengkapan keselamatan. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan pemberdayaan berbasis komunitas, meliputi survei kondisi ekonomi, FGD, pendampingan, dan kolaborasi dengan pihak terkait. Strategi mencakup pembentukan sistem tabungan sukarela melalui mitra toko kelontong, transparansi pengelolaan dana, serta edukasi kesadaran hukum dan keselamatan. Program berhasil membangun komitmen pengemudi untuk mematuhi peraturan lalu lintas, terbentuknya sistem tabungan komunitas yang transparan, serta kebiasaan menabung dan disiplin finansial. Toko kelontong berperan sebagai mitra penyimpan dana, sementara pendekatan kolaboratif dengan kepolisian memudahkan proses pengurusan administrasi. Inisiatif ini tidak hanya membantu pengemudi ojek memenuhi kewajiban hukum tetapi juga menciptakan fondasi untuk pengelolaan keuangan berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan. Keberhasilan program menunjukkan pentingnya integrasi antara pendekatan partisipatif, dukungan jaringan lokal, dan edukasi dalam pemberdayaan komunitas.
Downloads
References
Adler, P.S. and Kwon, S. (2012), “SOCIAL CAPITAL : PROSPECTS FOR A NEW CONCEPT University of Southern California”, Vol. 27 No. 1, pp. 17–40.
Anindhita, W., Arisanty, M. and Rahmawati, D. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TEPAT GUNA PADA BISNIS TRANSPORTASI OJEK ONLINE (Studi Pada Bisnis Gojek Dan Grab Bike Dalam Penggunaan Teknologi Komuniasi Tepat Guna Untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi).
Dewi, L.P. and Taufiqurahman, E. (2022), “Dampak Keberadaan Transportasi Online Terhadap Pendapatan Transportasi Konvensional”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6 No. 1, pp. 3216–3222.
Dinda, S. (2020), “Social capital in the creation of human capital and economic growth : A productive consumption approach”, Vol. 37 No. 2008, pp. 2020–2033, doi: 10.1016/j.socec.2007.06.014.
Dita Angelina, S., Utamidewi, W. and Nayiroh, L. (2025), “KONSTRUKSI MAKNA PROFESI OJEK ONLINE (Studi Fenomenologi Pengemudi Ojek Online Perempuan Di Kota Bekasi)”, Vol. 7 No. 2.
Ferdila, M., Kasful, D. and Us, A. (2021), “Analisis Dampak Transportasi Ojek Online Terhadap Pendapatan Ojek Konvensional di Kota Jambi”, IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, Vol. 6 No. 2, p. 2021.
Ojek, E., Didalam, P., Transportasi, P., Informasi, B., Andhika, D.T., Purwanto, C., Luthfi, A., et al. (2018), Sejarah Artikel: Diterima Februari, 243 SOLIDARITY, Vol. 7.
Setyo, V.B. and Suryawardana, A.E. (2018), “PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE DI SEMARANG”, Majalah Ilmiah Solusi, Vol. 16 No. 4.
Widiyanto Santoso, A. and Sarmini. (2022), “Motivasi Pekerja Ojek Konvensional dalam Era Transportasi Ojek Online (Studi pada Jasa Ojek Pangkalan di Jembatan Gurem Kabupaten Pamekasan)”, ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, Institut Agama Islam Negeri Madura, Vol. 4 No. 2, pp. 211–222, doi: 10.19105/ejpis.v4i2.7029.
Downloads
-
PDF
Abstract View: 0,
PDF Download: 0
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Teguh Purnomo, Adytira Rachman, Oktavima Wisdaningrum, Sofia Asyriana, Hasan Abdullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.