ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN OJEK ONLINE DAN OJEK KONVENSIONAL DI KABUPATEN BANYUWANGI

Authors

  • Winda Hurotul Aini Aini Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.62734/analisa.v12i1.233

Keywords:

Ojek Online, Kepuasan Konsumen

Abstract

Pada dunia transportasi juga semakin berkembang tentu akan mempermudah masyarakat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Salah satunya yaitu mempermudah seseorang untuk menggunakan jasa transportasi. Cara mereka yaitudengan memesan jasa ojek online. Hal tersebut di rasa lebih mudah, murah dan nyaman digunakan oleh konsumen. Sebelumnya penggunaan alat transportasi hanya menggunaan ojek konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan konsumen dalam menggunakan ojek online atau jasa ojek konvensional. metode penelitian  menggunakan analisis Deskriptif komperatif, sampel yang dipakai sebanyak 5 orang. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat sejauh mana kepuasan konsumen dalam menggunakan aplikasi pelayanan ojek online dan ojek konvensional. peneliti akan memanfaatkan data-data kualitatif kemudian dijabarkan secara deskriptif. Peneliti yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen untuk mendapatkan data. Teknik analisis data yang sudah berhasil di himpun akan dianalisis secara kualitatif, analisis yang digunakan dengan reduksi data, penafsiran dan interpretasi data. Hasil analisis yang dilakukan beberapa konsumen mengungkapkan bahwa penggunaan ojek online mempermudah dalam penggunaan alat transportasi jika dibandingkan dengan penggunaan ojek konvensial. Penggunaan jasa online memperikan harga yang lebih rasional dengan jarak tempuh yang dituju oleh konsumen sehingga tarif sudah ditentukan di aplikasi tersebut dan tidak ada lagi tawar-menawar. Kemudian dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh jasa konsumen kebanyakan mereka suam itu selalu ramah dan tersenyum terhadap konsumen sehingga konsumen    menyukai pemggunaan ojek online tersebut. Pada ojek online juga pada event tertentu juga sering memberikan promosi sehingga konsumen kadang sudah hafal dan mengetahui kapan saja promosi itu ada

 

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Aini, W. H. A. (2024). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN OJEK ONLINE DAN OJEK KONVENSIONAL DI KABUPATEN BANYUWANGI . Analisa: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 12(1), 14–20. https://doi.org/10.62734/analisa.v12i1.233