ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU PAKET BIOLOGI SMA
DOI:
https://doi.org/10.62734/be.v4i2.405Abstract
Kemampuan literasi sains siswa yang berbeda-beda menyebabkan tingkat pemahaman siswa
juga berbeda. Hal tersebut dapat diatasi dengan buku yang menyajikan aspek literasi sains pada
tiap materi untuk membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui kategori literasi sains yang ada pada buku paket biologi SMA Kelas XI
yang banyak digunakan di beberapa SMA di Banyuwangi. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan metode deskriptif, yang menggunakan observasi sebagai teknik pengambilan
data. Analisis data menggunakan analisis ahli dan member check. Hasil analisis pada bab yang
telah dipilih pada buku tersebut diperoleh data persentase kategori terbanyak yaitu sains
sebagai batang tubuh pengetahuan yang memperoleh persentase 78,56 %. Kategori terbanyak
kedua adalah sains sebagai cara berpikir yang memperoleh persentase 19,45%. Selanjutnya
kategori sains sebagai cara untuk menyelidiki dengan persentase 1,99%. Kategori yang terakhir
adalah kategori interaksi sains, teknologi dan masyarakat memperoleh persentase 0% karena
peneliti tidak menemukan indikator dari kategori tersebut dalam bab yang dianalisis pada buku.
Sehingga apabila ditinjau dari hasil analisis tersebut buku ini belum memenuhi keempat aspek
literasi sains. Penggunaan buku ini di beberapa sekolah sudah baik terutama apabila didukung
dengan sumber literasi maupun buku penunjang lainnya seperti yang sudah disediakan di
beberapa sekolah guna menambah literasi dan wawasan siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitrotin Azizah, Totok Hari Prasetiyo , Triana Kartika Santi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.