PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MAN 3 BANYUWANGI
DOI:
https://doi.org/10.62734/be.v3i2.217Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di MAN 3 Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 2 MAN 3 Banyuwangi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil belajar siswa yang diukur yaitu 3 ranah, meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Persentase hasil data yang diperoleh pada penelitian siklus I ranah kognitif siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebesar 73,68% dengan jumlah 28 siswa, ranah afektif siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebesar 68,42% dengan jumlah 26 siswa, dan ranah psikomotorik siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebesar 65,79% dengan jumlah 25 siswa. Sedangkan pada penelitian siklus II persentase hasil belajar siswa ranah kognitif 86,84% dengan jumlah 33 siswa, ranah afektif siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 78,95% dengan jumlah 30 siswa, dan persentase hasil belajar siswa ranah psikomotorik sebesar 81,58% dengan jumlah 31 siswa. Dengan demikian penelitian ini sudah mencapai target ketuntasan klasikal yaitu 75% dan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN 3 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fanny Garcella Garcella, Totok Hari Prasetiyo Prasetiyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.