Intensitas Mahasiswa Mengakses Konten Wawasan Kebangsaan
Keywords:
Intensitas, Akses Konten, Wawasan Kebangsaan, Literasi DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensitas mahasiswa dalam mengakses konten wawasan kebangsaan melalui media sosial serta faktor-faktor yang memengaruhi intensitas tersebut. Penelitian menggunakan metode kuantitatif survei dengan melibatkan 120 mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi semester 1 hingga 7 yang menempuh mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kajian Pemikiran Kebangsaan Indonesia (KPKI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengakses konten kebangsaan dengan intensitas sedang, di mana 26,7% mahasiswa mengakses seminggu sekali. Faktor-faktor yang memengaruhi intensitas akses meliputi motivasi individu, kualitas konten, dan kemudahan akses teknologi. Penelitian juga menemukan adanya hubungan positif antara intensitas akses dan pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai kebangsaan seperti nasionalisme, toleransi, dan pluralisme. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan literasi digital dan inovasi konten kebangsaan untuk meningkatkan intensitas akses mahasiswa terhadap konten yang mendukung pengembangan wawasan kebangsaan.
References
Chand, R. (2023). Framework for Identifying Research Gaps for Future Academic Research. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies. https://doi.org/10.21013/jems.v19.n2.p12
Fardiah, D., Darmawan, F., Rinawati, R., Cholifah, Y. W., & Abdullah, S. I. (2023). Instagram Content Impact on Digital Literacy Capability. Jurnal Aspikom, 8(1), 79. https://doi.org/10.24329/aspikom.v8i1.1219
Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006–1013.
Hamzah, R. E. (2015). Penggunaan Media Sosial di Kampus Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(1), 45–70.
Klein, C. (2023). Understanding the Relevance of Digital Media in Higher Education. International Journal of Technology in Education and Science, 7(1), 71–82. https://doi.org/10.46328/ijtes.451
Kurniawan, S. T. (2018). Penguatan pendidikan karakter sebagai upaya pembudayaan dan pelembagaan nilai-nilai pancasila dan wawasan kebangsaan generasi muda. Refleksi 20 Tahun Reformasi Pendidikan, Pengajaran, Dan Kebudayaan, 94.
Mantiri, A., & Reskin, M. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Wawasan Kebangsaan Generasi Muda. Studi Kritis Hukum Dan Masyarakat, 1(01).
Pradana, H. D. (2023). The Impact of Digital Media on Student Learning at University. Jurnal Ilmu Pendidikan (Jip) Stkip Kusuma Negara, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.37640/jip.v15i1.1717
Purwantoro, S. A., Syahardani, R., Hermawan, E., Kuvaeni, A., & Indarti, I. (2021). Media Sosial: Peran Dan Kiprah Dalam Pengembangan Wawasan Kebangsaan. In Jurnal Lemhannas Ri. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i4.416
Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika, 4(8), 323–329.
R, E., & Pandin, M. G. R. (2021). Analizing the Importance of Character Education for Millennial Generations in the Digital Era. https://doi.org/10.20944/preprints202106.0348.v1
Romadloni, S. (2021). Internalisasi Identitas Bangsa Indonesia melalui Pemikiran Para Tokoh Nasional Berbasis Aplikasi Digital (pp. 217–227). Untag Surabaya. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/semnasuntag/article/view/1671
Romadloni, S., Pd, M., Pahlevi, N. H., Mahfud, M. A., Pd Dravendy Marta Ishadi, M. R., Hum Etis Cahyaning Putri, M., & Yanti Devi Wijaya, M. (2022). Kajian Pemikiran Kebangsaan Indonesia (KPKI) (1st ed.). UNTAG B-Press. https://www.untag-bpress.com/2023/01/buku-ajar-kajian-pemikiran-kebangsaan.html
Widagdo, U., Prabowo, D. S., & Nurhandayanti, A. (2023). OPTIMALISASI LITERASI DIGITAL BAGI APARAT TERITORIAL GUNA MEMBANTU PEMERINTAH DAERAH MEWUJUDKAN MASYARAKAT MANDIRI DAN SEJAHTERA. Jurnal Mahatvavirya, 10(2), 89–96.