Memperkuat Solidaritas Melalui Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka
Keywords:
Modul Nusantara, PMM, Kontribusi SosialAbstract
Modul Nusantara menjadi salah satu mata kuliah wajib mahasiswa yang mengikuti program Petukaran Mahasiswa Merdeka. Modul Nusantara adalah rangkaian kegiatan yang memfokuskan untuk menciptakan pemahaman mahasiswa dalam memperkenalkan kekayaan kebudayaan Nusantara dari berbagai hal. Salah satunya melakukan kegiatan kontribusi sosial di wilayah penempatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Kontribusi sosial adalah bentuk partisipasi kelompok kepada masyarakat untuk menciptakan kehidupan yang harmonis sehingga terwujudnya hubungan sosial yang memiliki rasa empati. Mahasiswa sebagai sosial kontrol dalam masyarakat harus mampu meningkatkan dan melatih jiwa kepedulian sosial yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan nyata. Kontribusi sosial merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan di akhir Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Kontribusi sosial yang dilakukan oleh kelompok Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi dilaksanakan di 3 tempat yaitu di Desa Patoman, Rumah Veteran dan Pondok Pesantren ABK. K.H. Ahmad Dahlan. Kegiatan kontribusi sosial dilakukan dengan memberikan sembako dan alat-alat kebutuhan sekolah kepada 70 orang. Kegiatan ini di sambut oleh pengurus yang ada di 3 tempat tersebut dan masyarakat yang sangat antusias menyebabkan tujuan pelaksanakan kontribusi sosial ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Selain itu tidak hanya memberikan kontribusi sosial saja, melainkan mahasiswa juga belajar langsung nilai-nilai Pancasila yang telah lama dipraktekkan oleh Masyarakat Desa Patoman dan sharing session di Rumah Veteran serta bermain bersama dengan adik-adik yang ada di Pondok Pesantren ABK. K.H. Ahmad Dahlan.
References
Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.471
Azhari, S. C., Semararayasa, I. K., & Cahyani, N. L. P. R. (2023). Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Undiksha di Panti Asuhan Miftahul ’Ulum, Buleleng, Bali. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 140–145. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.893
Kartikasari, M., Oktavia, C. A., Yahya, S., & Kurniawan, R. (2023). Kontribusi Sosial Renovasi Perpustakaan PAUD Baiturrachman dan Memperkenalkan Budaya Panji pada Anak Usia Dini. Dharma Nusantara: Jurnal Ilmiah Pemberdayaan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20–24. https://doi.org/10.32664/dharma.v1i1.816
Putri, R., Rosmalia, D., Fahmi, Sihombing, P. R., Siregar, S., Suardika, K., Warsitarasi, W. D., Akbar, H., Rismayani, & Zahari. (2021). Metodologi Penelitian Sosial. In Yayasan penerbit muhammad zaini (p. 147). https://www.researchgate.net/publication/358019515_METODOLOGI_PENELITIAN_SOSIAL
Shofiyah, R. S., & Adawiyah, P. R. (2021). Implementation of Collaborative Governance in Environmental Sanitation Management Adiwiyata Policy. POLITICO, 21(2), 142–160.
Simanjuntak, H., Tampubolon, A. P. R. Y., & Gultom, E. M. (2023). Kegiatan Kontribusi Sosial Melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 2 Tahun 2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7327–7334.
Sinaga, D., Elisabeth, F., Manik, L. L., Ernita, R., Gaol, L., Sosial, K., & Masyarakat, K. (2023). Melatih Sikap Peduli Sosial Kepada Masyarakat. 4(2), 3149–3153.
Sosial, K., Cianjur, B. A., Contribution, S., & Disaster, C. N. (2022). Inbound Institut Pendidikan Indonesia Di Kabupaten. 23–27.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). CV Alfabeta.
Sulthoni, A. (2023). Soldier Code Language In The Memory Of The History Of Veterans Of Seroja Banyuwangi 1765-1976 And The Implications For History Subjects And Indonesian. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 290–297.
Susilowati, D., Mustika, M., Adella, F., & Arianto, R. (2024). Kontribusi sosial melalui education with smart pada program kegiatan pertukaran mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 59–66. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21440
Yudiana, I. K. & S. R. (2024). Analisis Latar Belakang Kerukunan Antar Umat Beragama di Desa Kebangsaan Patoman, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Sangkala, Vol 3 No 2(3), 34–47. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.62734/js.v3i1.204