VARIATIVITAS KONSENTRASI POC SUSU SAPI DAN KOMPOSISI PUPUK KANDANG TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAMAN MELON (Cucumic melo L.)

Authors

  • galih Ardiansyah universitas 17 agustus 1945 banyuwangi
  • Fathurrahman
  • Kanthi Pangestuning Prapti

Keywords:

melon, POC susu sapi, pupuk kandang

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman melon di Indonesia adalah dengan pengaplikasian komposisi pupuk kandang dan konsentrasi POC susu sapi pada tanamaan. penelitian ini dilaksanakan diDusun Plaosan, Desa Gendoh, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur dengan ketinggian tempat 296 mdpl yang dilaksanakan pada bulan November 2019 – Februari 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsentrasi POC susu sapi dan komposisi pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman melon, serta untuk mengetahui interaksi antara konsentrasi POC susu sapi dan komposisi pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman melon. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAKF) dengan 2 faktor perlakuan dan 3 kali ulangan. Parameter pengamatan penelitian ini antara lain tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang, berat buah dan diameter buah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perlakuan konsentrasi POC susu sapi (S1), (S2), (S3), (S4) memiliki pengaruh yang berbeda pada setiap parameter pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun, dan jumlah cabang, sedangkan berat buah perlakuan terbaik yaitu POC susu sapi (S4), dan diameter buah perlakuan terbaik POC susu sapi (S1). Pengaplikasian komposisi pupuk kandang (P1), (P2), (P3), memiliki pengaruh yang berbeda pada setiap parameter pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang, sadangkan komposisi pupuk kandang terbaik pada berat buah yaitu (P1), dan diameter buah terbaik adalah komposisi pupuk kandang (P3). Interaksi perlakuan terbaik antara POC susu sapi dan komposisi pupuk kandang ditunjukkan pada (S4P1), yang menghasilkan berat buah sebesar 3.000 gr, sedangkan pada diameter buah kombinasi terbaik adalah interkasi perlakuan (S4P1), yang menghasilkan diameter buah sebesar 16,12 cm.

Published

2022-10-12

How to Cite

Ardiansyah, galih, Fathurrahman, & Kanthi Pangestuning Prapti. (2022). VARIATIVITAS KONSENTRASI POC SUSU SAPI DAN KOMPOSISI PUPUK KANDANG TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAMAN MELON (Cucumic melo L.). JOURNAL OF SUSTAINABLE AGRICULTURE AND FISHERIES, 3(1). Retrieved from https://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/josaf/article/view/8