Pengaruh Model PBL Berbantu LKPD berbasis Infografis pada Materi Sistem Imun terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAS Persiapan Stabat
DOI:
https://doi.org/10.62734/be.v5i1.671Keywords:
PBL,Berpikir Kritis, Sistem ImunAbstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Dwi selaku guru Biologi SMAS Persiapan Stabat dengan peneliti bahwa mayoritas hasil belajar siswa kelas XI baik nilai harian, nilai ujian tengah semester atau bahkan nilai ujian semester masih dibawah KKM yaitu pada rentang 70-80. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Persiapan Stabat. Penelitian akan dilaksanakan pada bulan Mei - Juni pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 dan kelas XI IPA 4, dimana kelas XI IPA 3 memiliki 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4. Dengan demikian, jumlah siswa seluruhnya adalah 52. Instrumen penelitian terdiri dari definisi konseptual, definisi operasional, kisi-kisi dan kalibrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih signifikan karena proses pembelajaran menggunakan model PBL sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji statistik uji-t sampel independen terhadap keterampilan berpikir kritis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < sig. = 0,005. Hal ini berarti bahwa kegiatan pembelajaran dengan model PBL berbantuan media informasi pada materi sistem imun berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Downloads
Downloads
-
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract View: 0,
PDF (Bahasa Indonesia) Download: 0
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wanda Syafitri Syafitri, Kartika Manalu Manalu, Miza Nina Adlini Adlini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.