PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMAN DARUSSHOLAH SINGOJURUH

Authors

  • Aprilia Nurilawati Program Studi Pendidikan Biologi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan penerapan metode pembelajaran Role Playing di SMAN Darussholah Singojuruh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA 1 SMAN Darussholah Singojuruh dengan jumlah siswa 34. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil belajar siswa yang diukur yaitu ada 2 ranah, meliputi ranah kognitif dan ranah psikomotorik. Presentase hasil data yang diperoleh pada penelitian siklus I ranah kognitif, siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebesar 67,64% dengan jumlah 23 siswa, pada ranah psikomotorik siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebesar 61,76% dengan jumlah 21 siswa. Pada penelitian siklus II presentase hasil belajar siswa yang tuntas pada ranah kognitif sebesar 85,29% dengan jumlah 29 siswa dan presentase hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik sebesar 82,35% dengan jumlah 28 siswa. Dengan demikian penelitian ini sudah mencapai target ketuntasan klasikal yaitu 78% dan penerapan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMAN Darussholah Singojuruh Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Aprilia Nurilawati. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMAN DARUSSHOLAH SINGOJURUH. Bio Educatia Journal, 3(2), 32–38. Retrieved from https://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/bioeducatiajournal/article/view/220