PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA BIOLOGI KELAS XI IPA 1 MA SUNAN KALIJOGO PARIJATAH WETAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Sigit Wahyono

Abstract

Menurut Sudjana (1989) dalam Hosnan (2016) Belajar merupakan proses melihat, mengamati dan memahami sesuatu. Belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa yang terdiri dari kesehatan, bakat, minat, motivasi dan cara belajar. Faktor eksternal (faktor dari luar diri siswa) terdiri dari keluarga sekolah, masyakat dan lingkungannya (Wahab, 2015). Model pembelajaran ceramah menyebabkan siswa cenderung pasif. TPS biasa disebut dengan metode mengajar berpikir, berpasangan dan berbagi. Model ini memberikan peserta didik berkesempatan untuk belajar mandiri dan bekerja satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2020 sampai Februarai 2021. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran think, pair, share berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di MA Sunan Kalijogo Parijataha Wetan karena kelas menjadi hidup dan siswa semakin tertarik serta senang mengikuti pembelajaran dengan nilai thitung 3.45 > ttabel 2.16 maka Ha diterima dan Ho ditolak, serta berdasarkan skor rata-rata minat belajar siswa untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 82% dan kelas kontrol sebesar 74,2%.

Published

2022-10-12

How to Cite

Sigit Wahyono. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA BIOLOGI KELAS XI IPA 1 MA SUNAN KALIJOGO PARIJATAH WETAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bio Educatia Journal, 1(1). Retrieved from https://jurnal.untag-banyuwangi.ac.id/index.php/bioeducatiajournal/article/view/36